Saat ini cara pemasaran yang sedang ngetrend adalah berbasis web 2.0.
web 2.0 itu di ciptakan untuk mengakomodasi berbagai ide,kreativitas
dan berkolaborasi membuat pengguna web berubah dratis cara menggunakan
web,keinginan orang untuk berkomunikasi dua arah dapat di akomodasi
oleh teknologi 2.0.
trend penting dalam era web 2.0 adalah komunikasi lebih mudah dalam
membentuk dan memperluas jejaring melalui berbagai situs
sosial,berbagi video dan blogging.
sejak itu direktori web berevolusi menjadi penandaan sosial,situs
pribadi bergeser ke web dan ensiklopedia versi online bergeser menjadi
wikipedia.
empat komponen kunci penting yang membuat marketing di untungkan
keberadaan jejaring sosial seperti facebook,myspace,memungkinkan orang
hadir bersama dan berbagai ide,pikiran dan komentar,komponen ini
merubah paradigma orang yang berkomunikasi dari satu arah menjadi dua
arah,konsumen tidak akan percaya begitu saja apa yang di sampaikan
merk,berbagi informasi dulu dengan komunitasnya.
sosial media seperti youtube,scribd dan flickr telah menjadi sarana di
mana orang dapat berbagi konten dengan orang lain di sertai harapan
bisa membangun awareness.
Justin bieber,duo Sinta Jojo bisa sukses tanpa harus melewati sistem
konvensional.
Konten yang di buat oleh pengguna di mana dapat membuat,mengolah dan
memperbarui informasi yang memicu kelahiran berbagai forum diskusi
melalui web 2.0.
Ini di tandai munculnya blog,squidoo dan wikipedia.
Kelahiran social borkmarking telah memungkinkan pengguna untuk
mengorganisasikan web pengalaman mereka sendiri contohnya adalah
digg,delicious dan stumbleupon.
namun di balik itu semua, web 2.0 sekarang terjadi kebisingan yang
tidak perlu,bayangkan bagaimana pemasaran bisa efektif jika seorang
anak usia delapan tahun bisa memposting video ke youtube.
Flickr juga menunjukkan kejenuhan sampai foto ulang tahun anak di
sebar ke seluruh dunia.
Facebook sebenarnya bisa menjadi kendaraan efektif bagi kita untuk
masuk jaringan,bertemu orang orang baru dan melakukan bisnis tapi
facebook baru menjadi alat pemasaran yang efektif hanya bila kita tahu
cara menggunakannya untuk menjangkau orang orang tertentu atau
kelompok orang yang relevan dengan produk.
Jadi pertanyaannya bagaimana pemasar bisa mengkomunikasikan produk
atau usaha dalam kondisi lalu lintas yang padat ini?,"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar